KEMENRISTEKDIKTI RESMI MENGGANTI UTBC DENGAN UTBK

October 22, 2018 BY Admin

Pasca konferensi Pers Seleksi masuk Tinggi Negeri 2019 di Jakarta 22 Oktober 2019, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akhirnya resmi meniadakan ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan meggantinya dengan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Dan kemenristekdikti juga tidak akan menyelenggarakan uji keterampilan untuk program studi kesenian dan olah raga namun akan diganti dengan sistem portofolio yang dimiliki para siswa.

Kata Muhammad Nasir, “…kalau dahulu SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Peerguruaan Tinggi Negeri) itu adalah daftar kemudian langsung tes, sekarang Nggak, Setelah daftar,  tes dan langsung  dapat PTN. Ini adalah perombakan revolusi didalam sistem penerimaan mahasiswa di PTN”.   

“ Jadi bukan nanti mahasiswa datang ke kampus, daftar lalu tes SBMPTN, tapi silahkan tes dulu, setelah lulus baru nilai nya dipakai buat daftar di kampus untuk memilih program studi yang diinginkan”.

Teknisnya Tes akan dilaksanakan sebanyak 24 kali oleh Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PANPUS SN PMB). Setiap siswa hanya dapat mengikuti 2 kali tes dengan biaya masing-masing Rp.200.000,-.

Masih menurut Nasir, “ Tesnya hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), setiap peserta akan diberikan hasil tesnya secara individu,.. kalau dirasa nilainya kurang puas maka boleh tes lagi, nanti kalau tesnya mana yang lebih baik antara dua.. nanti dipilih mana yang terbaik”.


;